Batu Akik dan Namanya - Sudah banyak sekali orang yang semakin tertarik dan juga semakin penasaran mengenai batu akik. Hal ini sebenarnya tidak asing bagi mereka yang sudah mengenal batu akik dari lama seperti pada kalangan kalangan tertentu, seperti kalangan para kolektor batu, kalangan para mineralog, dan juga kalangan para pengrajin batu akik. Namun, memang masih banyak juga orang yang belum tahu mengenai batu akik atau batu mulia. Batu akik atau batu mulia adalah batu batu yang terbentuk dri mineral mineral alam yang mengkristal menjadi batu dalam kurun waktu tertentu, bisa mencapai ratusan hingga ribuan tahun lamanya. Batu batu akik tersebut juga memiliki tingkat kekerasan yang berbeda beda dan juga memiliki tingkat transparansi tertentu pula. Oleh karena itu, jenis atau ragamnya bisa sangat bermacam macam, tergantung pada jenis jenis mineral yang membentuknya dan juga tergantung pada tingkat kekerasan batu dan tingkat transparansi batu atau tingkat kejernihan batu batu tersebut, sehingga menghasilkan jenis yang beragam.

Batu Akik dan Namanya

Ada banyak sekali daerah daerah yang menjadi tempat tempat ditemukannya batu batu akik, misalnya adalah daerah pegunungan, daerah tempat mengalirnya air air sungai, dan juga daerah daerah yang jauh dari permukaan bumi atau di perut bumi. Bahkan, ada juga batu batu akik yang ditemukan di hutan hutan dan di pedalaman pedalaman, seperti di bawah permukaan tanah dan di tempat tempat yang disinyalir mengandung mineral mineral alam yang berpotensi untuk menjadi daerah terbentuknya batu. Selain terbentuk dari mineral mineral alam, batu akik juga terkadang terbentuk dari pohon atau kayu yang memfosil karena tertimbun selama ratusan atau ribuan tahun hingga menjadi batu. Hampir semua daerah dan tempat di seluruh penjuru dunia bisa berpotensi menjadi tempat terbentuknya batu akik, termasuk juga di Indonesia, ada banyak sekali tempat atau titik yang menjadi tempat terbentuknya batu batu akik, seperti di Bengkulu, Jawa, dan daerah daerah lainnya, begitu juga di luar luar negeri seperti Persia, Brazil, dan Yaman.





Mengenai penamaan, batu akik dan namanya biasanya berbasis atau didasari dari tempat batu akik itu ditemukan, seperti batu akik Bacan, yang ditemukan di daerah Bacan, atau batu akik yang diberi nama karena karakteristik atau warnanya, sebagai contoh batu akik anggur, yang memiliki warna mirip seperti anggur. Ada juga batu akik yang diberi nama sesuai dengan ciri atau karakter nya, seperti batu Pirus yang berasal dari kata Fairuz yang memiliki arti atau makna tertentu. Batu batu akik juga memiliki nama pasar internasional masing masing, seperti batu akik darah, dengan nama pasar internasionalnya adalah bloodstone, lalu batu akik quartz, yang merupakan batu akik jenis batuan kwarsa atau kuarsa yang melambangkan atau mencirikan batu akik tersebut termasuk ke dalam batuan jenis kwarsa. Masing banyak lagi jenis batu akik dan namanya yang ada di dunia ini, dan terkadang jenis jenis tersebut memiliki nama yang berbeda beda di setiap daerah atau tidak hanya memiliki satu nama saja.

Post a Comment

 
Top