Batu Akik Pirus - Keindahan dari jenis jenis batu akik atau batu mulia memang seakan tidak ada habisnya dan tidak ada ujungnya. Banyaknya jenis batu akik dan batu mulia selalu memunculkan topik baru dan juga bahan pembahasan baru. Mengapa jenis batu akik atau batu mulia ada banyak sekali? Hal ini adalah karena batu batu akik atau batu mulia terbentuk dari mineral mineral alam yang bermacam macam dan mengkristal, mengendap selama ratusan bahkan ribuan tahun lamanya sehingga memiliki tingkat kekerasan yang berbeda beda dan juga memiliki tingkat transparansi yang berbeda beda juga. Namun, ada juga batu batu akik atau batu mulia yang tidak memiliki tingkat transparansi, misalnya adalah batuan yang tidak termasuk ke dalam kelompok permata, disebabkan oleh jenis jenis mineral pembentuknya. Namun, baik yang memiliki tingkat transparansi yang tinggi, yang rendah, maupun yang tidak transparan sekalipun, tetaplah sangat indah dan juga sangat mengagumkan sehingga menjadi incaran banyak orang yang menyukai batu batu akik tersebut.
Batu Akik Pirus

Batu akik telah dikenal lama, sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini bisa diketahui dari banyaknya penggunaan batu akik di jaman jaman kerajaan dan jaman jaman terdahulu seperti digunakan sebagai permata di mahkota raja, sebagai perhiasan para permaisuri dan juga para ratu, juga sebagai perhiasan dan aksesoris seperti cincin yang digunakan oleh raja raja dan orang orang terkemuka pada jaman itu. Batu akik atau batu mulia ini juga pada jaman jaman sekarang, memang banyak sekali dijadikan sebagai perhiasan, sebagai aksesoris, dan juga sebagai koleksi saja atau untuk dijadikan pajangan di rumah. Harga dari batu batu akik juga berbeda beda dan sesuai dengan kualitas serta sesuai dengan keindahan yang dimilikinya. Ada juga yang mengklasifikasikan sesuai dengan tingkat kekerasan dan tingkat transparansinya. Satu hal lagi yang menentukan nilai dari batu akik adalah kelangkaannya. Semakin langka jenis batu akik tertentu, maka semakin mahal pula harganya atau nilainya. Dan biasanya yang paling langka paling dicari.

Batu Akik Pirus

Dari banyaknya jenis batu akik yang indah dan juga mempesona, ada salah satu jenis batu akik yang menjadi kesukaan banyak orang dan juga menjadi incaran, yaitu adalah batu akik pirus. Nama batu akik pirus, diambil dari kata Fairuz dari bahasa Arab Ibrani. Batu ini telah dikenal lama sekali dan ciri yang paling melekatnya adalah warnanya yang turqoise. Batu akik pirus kabarnya ditemukan pertama kali di Arab, tepatnya di daerah Persia, sebagai penghasil batu bermutu tinggi. Selain ditemukan di Persia, kabarnya batu ini juga ditemukan di Israel, Afghanistan, Sinai, Nevada, California, New Mexico, dan Arizona. Batu akik pirus ini tersusun dari campuran alumunium, fosfat, tembaga, besi, dan juga emas. Namun, tingkat kekerasannya berada di sekitar 5-6 skala mohs, atau bisa dibilang cukup rendah untuk ukuran batu. Secara umum, tampilan batu ini memiliki warna biru langit atau warna turqoise dengan guratan guratan warna hitam atau emas yang sangat indah dan juga menawan. Tidak heran batu ini banyak diincar.

Post a Comment

 
Top