Batu Akik Enrekang - Keberadaan batu akik sekarang sekarang ini atau baru baru ini memang menjadi hal yang sangat populer dan santer diberitakan. Selain itu, para pecinta batu akik juga semakin banyak bermunculan dan para kolektor batu akik sepertinya menjadi semakin bersemangat untuk mengumpulkan atau untuk mengoleksi batu akik menjadi lebih banyak dari yang sudah mereka miliki. Batu akik merupakan batu yang terbentuk di alam dari hasil mengkristalnya mineral mineral alam yang menjadi batu atau membatu dalam kurun waktu tertentu, bisa hingga mencapai ratusan bahkan ribuan tahun lamanya. Batu batu akik atau yang biasa juga dikenal sebagai batu mulia itu memiliki tingkat kekerasan yang berbeda beda dan juga memiliki tingkat kejernihan atau tingkat transparansi yang berbeda beda pula, sehingga jenis jenis batu akik atau batu mulia memang banyak sekali di dunia ini. Padahal, batu akik sudah ada dari jaman dahulu, bahkan dari jaman ribuan tahun yang lalu sebagai benda yang juga dihargai dan dijadikan perhiasan atau juga aksesoris.
Batu Akik Enrekang Sisik Naga

Dari banyaknya jenis batu akik yang ada di dunia ini, ada banyak pula jenis jenis batu akik yang merupakan batu akik lokal atau ditemukan di kawasan nusantara ini, salah satunya adalah batu akik enrekang. Sesuai dengan namanya, batu akik enrekang ini ditemukan di daerah Enrekang, di Sulawesi Selatan. Batu ini selain ditemukan di Enrekang juga ditemukan di daerah lain seperti di Rusia, Selandia Baru, dan juga di Kazakhstan. Namun, menurut salah satu parak geologi, batu akik asal enrekang adalah yang terbaik di dunia, selain itu juga corak coraknya lebih banyak dan lebih beragam. Batu akik enrekang ini memiliki nama latin Septarian Nodule. Batu akik enrekang ini juga dikenal sebagai batu akik sisik naga. Hal tersebut adalah karena corak dari batu ini adalah corak mirip seperti sisik sisik yang berukuran besar, sehingga disebut atau dikenal dengan sebutan batu akik sisik naga. Batu akik enrekang ini juga sudah menjadi sebagai penghasilan dan pekerjaan sampingan kepada warga lokal di Enrekang.

Batu Akik Enrekang Sisik Naga

Mengapa menjadi penghasilan tambahan dan juga pekerjaan sampingan bagi para warga lokal di enrekang? Pasalnya, batu ini banyak ditemukan di kawasan seperti sungai sungai tertentu yang disinyalir mengandung batu akik enrekang atau batu akik sisik naga ini di dasar sungai berarus deras tersebut, sehingga banyak sekali petani dan warga lokal yang mencari dan memburu langsung batu akik enrekang ini dengan cara terjun langsung ke sungai untuk mencarinya. Hal ini tentu sangat berisiko mengingat derasnya arus yang ada di sungai tersebut. Namun, perjuangan tersebut bisa terbayar dengan ditemukannya batu akik enrekang yang lalu bisa dijual dengan harga yang bervariasi tergantung berat dan banyaknya batu, misalnya adalah dijual perkilo gram. Bukan hanya petani dan juga warga lokal seperti bapak bapak dan orang tua, bahkan anak anak pun banyak yang menemukan batu akik enrekang ini, tapi hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena mengingat derasnya arus sungai yang mungkin membahayakan anak tersebut.

Post a Comment

 
Top