Batu Akik Bacan - Batu batu yang indah dan istimewa seperti batu batu mulia atau batu akik adalah tentunya batu batu yang memiliki keistimewaan tersendiri yang menjadikannya menarik untuk dijadikann salah satu batu berharga yang memiliki keindahan yang patut untuk dikagumi. Mungkin selama ini batu batu berharga dan juga batu yang istimewa itu kebanyakan ditemukan di daerah daerah atau di tempat tempat yang jauh dari nusantara, namun, ternyata ada juga, bahkan sangat banyak, batu batu akik indah dan juga mengagumkan yang berasal dari nusantara. Salah satunya adalah batu akik bacan. Dari namanya saja mungkin anda sudah bisa tahu bahwa batu itu adalah batu yang berasal dari Indonesia. Bukan hanya itu, batu mulia atau batu akik bacan yang indah ini berasal dari Pulau Kasiruta, Halmahera Selatan. Batu akik bacan, seperti batu batu akik lainnya, memiliki karakteristik dan keindahan tersendiri yang berbeda dari yang lain sehingga menjadikannya batu akik yang istimewa karena berbeda dari yang lain.

Batu Akik Bacan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, batu akik bacan ini adalah batu akik yang istimewa, atau memiliki keistimewaan tersendiri yang berbeda dari yang lain. Batu akik bacan ini, dikenal dengan warnanya yang hijau. Batu akik bacan ini juga dikenal sebagai 'batu hidup'. Mengapa demikian? Batu akik bacan ini tidak senantiasa menjadi warna hijau. Namun, batu ini semula berwarna hitam, yang secara bertahap mampu berubah menjadi warna hijau, menarik sekali, bukan? Tidak sampai disitu, batu akik ini masih bisa berubah warna dalam proses pembersihan hingga menjadi warna hijau bening seperti air. Untuk mempercepat proses itu, batu akik bacan ini biasanya dikenakan terus menerus oleh pemilikinya hingga berubah warnanya hingga pada wujud warna final atau warna hijau yang jernih dan sangat indah. Batu akik bacan tidak hanya hadir dalam satu jenis saja, namun diketahui ada beberapa jenis batu akik. Berikut ini adalah beberapa jenis batu akik tersebut yang mungkin sedang ingin anda ketahui.

  • Bacan Doko

Bacan Doko
Batu akik bacan doko ini banyak ditemukan di Desa Doko yang berada di Pulau Kasiruta Kecamatan Bacan Barat Halmahera Maluku Utara. Batu bacan doko ini memiliki warna hijau bening dan juga hijau tua yang agak gelap, yang biasa dikenal oleh pedagang dengan nama hijau cincau. Namun, jika disenter, akan mengeluarkan warna hijau cerah yang tentunya disukai banyak orang terutama para kolektor. Semakin cerah warna yang dimiliki, maka harganya semakin mahal. Selain itu, batu bacan hijau cincau ini disinyalir adalah yang paling cepat mengalami perubahan warna.

  • Bacan Palamea

Bacan Palamea
Batu Bacan Palamea, sesuai dengan namanya, adalah batu akik bacan yang ditemukan di Desa Palamea, Kecamatan Bacan Barat Halmahera. Yang berbeda dari batu bacan palamea ini adalah warnanya yang hijau kebiruan, atau biru kehijauan. Batu bacan palamea ini juga dipercaya proses perubahan warnanya lebih lambat dari bacan doko. Namun, hal tersebut tidak mengurangi nilai keindahan yang dimilikinya saat telah menjadi warna asli yang sesungguhnya. Tidak heran batu ini sangat banyak diburu oleh para pecinta batu akik dan oleh para kolektor.

  • Bacan Obi

Bacan Obi
Batu bacan obi ini, bisa dibilang adalah batu bacan yang paling berbeda dengan kedua saudara Bacan nya yang disebutkan di atas. Batu bacan obi ini ditemukan di Pulau Obi, Maluku Utara dan warnanya tidak bisa berubah seperti bacan Doko dan bacan Palmea. Meskipun disimpan dalam waktu yang sangat lama, namun warnanya tidak akan berubah. Warna batu bacan Obi pun bisa terbilang berbeda dengan yang lainnya, yaitu biasanya warnanya adalah kuning, agak kecoklatan, atau merah. Namun, hal tersebut juga tidak mengurangi keindahan batu ini. Batu bacan obi tetap menjadi incaran banyak orang dan kolektor.

Post a Comment

 
Top