Batu Akik Lapis Lazuli - Jumlah dari batu akik sangat tidak terhitung dan juga sangat banyak sekali hingga jumlah dan jenis nya tidak terhitung lagi. Bahkan, yang belum ditemukan atau yang masih belum ditemukan di alam ini sepertinya juga masih ada dan masih banyak. Batu batu akik yang sudah ditemukan dan juga sudah dikenal sejak lama memiliki ciri ciri dan karakteristik yang berbeda dari batu batu akik lainnya, sehingga namanya juga berbeda beda, ada yang disesuaikan dengan mineral mineral yang membentuknya, ada juga yang disesuaikan dengan daerah ditemukannya, juga ada yang disesuaikan dengan karakteristiknya. Oleh sebab itu, nama dan jenisnya bisa banyak sekali hingga tak terhitung. Batu akik juga banyak sekali dijadikan perhiasan, manik manik, aksesoris, dan lain sebagainya. Selain itu, banyak juga yang mengincar batu akik untuk dijadikan koleksi semata atau bisa juga untuk investasi jangka panjang atau jangka pendek, karena batu akik banyak sekali yang mencari atau yang mengincarnya.

Batu Akik Lapis Lazuli

Salah satu dari jenis batu akik kesukaan banyak orang dan juga yang banyak menjadi incaran orang orang baik itu kalangan masyarakat, para pecinta batu, dan juga para kolektor batu salah satunya adalah batu akik lapis lazuli. Apa itu batu akik lapis lazuli? Batu akik lapis lazuli adalah batu mikro kristal yang terdiri dari lazurite, alumunium, sodium, dan juga pyrite atau warna emas. Sehingga, sudah bisa dipastikann batu ini terdiri dari lebih dari satu jenis mineral, sehingga batu ini memang lebih tepat disebut 'batu' daripada disebut mineral. Batu lapis lazuli yang langka ini sering mengandung calcite (warna putih) dan juga solidate (warna biru). Tingkat kekerasan pada batu akik lapis lazuli ini adalah sekitar 5 hingga 5,5 skala mohs. Dengan kata lain, batu tersebut memang tidak terlalu keras, sehingga mudah sekali untuk tergores, atau pecah jika terhimpit benda yang lebih keras dan juga kasar. Selain itu, lapisan pelindungnya juga bisa luntur jika terkena oleh air.
Batu Akik Lapis Lazuli
Batu Akik Lazurite
Karena tingkat kekerasannya yang tidak terlalu kuat ini, membuat batu lapis lazuli jangan terkena bahan kimia yang bisa membahayakan batu lapis lazuli ini. Cara yang paling tepat untuk memperlakukannya atau untuk membersihkannya adalah cukup dengan mengelapnya dengan kain kering yang lembut dan juga halus. Kualitas terbaik atau kualitas tertinggi dari batu lapis lazuli ini memiliki permukaan biru cemerlang serta sedikit sekali terkontaminasi dengan pyrite atau titik titik pirit, bahkan ada juga yang jernih sama sekali. Selain itu, kualitas yang lebih rendah nya masih tergolong pada kualitas yang tinggi dengan warna biru dengan kontaminasi titik titik emas atau titik titik pirit pada tingkat sedang. Sedangkan kualitasnya yang paling rendah atau paling bawah adalah terkontaminasi dengan titik titik putih dari calcyte atau dari kapur / kalsit. Namun, hal tersebut tentunya tidak mengurangi keindahan dari batu lapis lazuli yang sangat indah dan juga menawan ini, cocok untuk dijadikan perhiasan.

Post a Comment

 
Top